Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan DNS Alternatif

cara mempercepat koneksi internet dengan DNS alternatif
Masalah koneksi internet sering kali menjadi kendala ketika sedang berselancar di dunia maya, koneksi yang lemot kadangkala membuat emosi diri sendiri. Untuk mengatasi masalah itu gunakanlah cara mempercepat koneksi internet dengan DNS alternatif.
Domain Name Server atau biasa disebut DNS, merupakan layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet atau IP. Jadi cara kerja DNS adalah melakukan encode atau menerjemahkan nama domain ke dalam bentuk angka unik yang biasa disebut IP.


Misal:
google.com memiliki IP 74.125.224.240.
Ketika seseorang membuaka google.com melalui browser maka browser akan mengakses ke alamat IP-nya google yaitu 74.125.224.240. Sebaliknya apabila seseorang menuliskan IP tersebut di browsernya maka yang terbuka adalah halaman google (di coba aja), jadi bisa di bilang kalau IP itu adalah alamat tujuan dari sebuah domain yang digunakan untuk saling berkomunikasi.

Hubungan antara DNS dan cara mempercepat koneksi internet

Pada dasarnya setiap ISP (Internet Service Provider) yang menyediakan jasa layanan internet memiliki DNS server tersendiri. Contohnya indosat dan telkomsel, kedua provider ini memiliki DNS masing-masing, DNS untuk telkomsel berbeda dengan DNS indosat. Jadi ketika padatnya traffic DNS server suatu ISP, karena terlalu banyak yang menggunakan, maka akses internet akan melambat bahkan terjadi RTO (Request Time Out) atau Not Found ketika sedang melakukan browsing di internet.
Meskipun DNS server tiap-tiap ISP itu berbeda, akan tetapi dalam penggunaannya kita dapat menggunakan DNS server operator lain saat melakukan browsing. Misal anda pengguna telkomsel, tp karena DNS telkomsel lemot anda bisa menggunakan DNS-nya indosat, atau sebaliknya.
Prinsip inilah yang digunakan untuk cara mempercepat koneksi internet dengan DNS alternative.
Untuk mempercepat koneksi internet diperlukan DNS yang juga memiliki akses cepat. Mencari sebuah DNS yang memiliki akses cepat dapat menggunakan sebuah software DNS Benchmark atau namebench, untuk itu anda bisa mendownloadnya ke alamat berikut.
Download DNS Benchmark (5.0 MB – portable)
Download NameBench (163 KB - portable)

Cara mencari DNS cepat menggunakan DNS Benchmark

Penggunaannya yaitu dengan cara:
  1. Download DNS Benchmark (portable/tidak perlu di install)
  2. Jalankan dan pilih tab menu Nameserver > Run Benchmark
    DNS cepat-DNS Benchmark
  3. Tunggu proses pencarian hingga selesai
  4. Setelah itu akan di tampilkan beberapa DNS yang masih bisa digunakan dan yang sudah tidak bisa digunakan. Pilihlah DNS yang masih bisa digunakan (lingkaran warna hijau). Urutan teratas adalah DNS tercepat yang terdeteksi untuk saat itu.
    DNS cepat-faster DNS Benchmark
  5. Cari 2 DNS yang memiliki kemiripan, untuk primary dan secondary DNS.
    Berdasarkan gambar diperoleh 2 DNS yang memiliki kemiripan yaitu
Primary DNS : 8.8.8.8
Secondary DNS : 8.8.4.4 atau
Primary DNS : 129.250.35.250
Secondary DNS : 129.250.35.251

  • Setelah itu tinggal merubah DNS cepat tersebut ke dalam pengaturan koneksi yang digunakan .mengganti IP dan DNS windows 7
  • Untuk IP menjadi optional (boleh iya, boleh juga tidak), tidak terlalu besar pengaruh IP terhadap kecepatan koneksi internet.


  • Menggunakan cara mempercepat koneksi internet dengan DNS alternatif akan dapat mempercepat koneksi internet anda, (www.zainaldansyifa.blogspot.com) sehingga lebih nyaman dalam berselancar di dunia maya, baik itu browsing, download dan upload.

    0 comments:

    Posting Komentar

     
    Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes